Senin, 21 Maret 2016

Tingkatkan Konsentrasi Dengan Kopi

Tingkatkan Konsentrasi Dengan Kopi


Membaca judulnya saja kita sudah tahu kalau artikel kali ini akan membahas seputar manfaat kopi. Ya, siapa tak kenal minuman populer satu ini? Minuman berwarna dasar hitam ini ternyata memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh. Selain dapat mengurangi rasa kantuk, kopi juga mampu membangkitkan konsentrasi karena senyawa kafein yang terkandung dalam kopi diketahui dapat meningkatkan semangat.

Studi bidang kedokteran menjelaskan, kafein sering digunakan sebagai perangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urin. Dalam dosis yang rendah kafein dapat berfungsi sebagai bahan pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit. Oleh sebab itu, kandungan zat dalam minuman pembangkit semangat sudah tentu mengandung kafein.

Selain kafein, kopi juga mengandung sejumlah kandungan zat lainnya yang dapat bermanfaat bagi tubuh diantaranya Dicaffeoylquinic Acid , yaitu sejenis zat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Kemudian kandungan zat Trigonelline dalam kopi dinilai dapat melindungi gigi, sehingga membuat gigi tidak mudah berlubang.

Bahkan dalam dosis tertentu, kopi juga memiliki beberapa manfaat untuk mencegah sejumlah penyakit, seperti sakit kepala, encok, parkinson, diabetes, batu empedu, liver, kanker, hingga jantung. Kopi juga dapat membantu anda mengurangi berat badan, mencegah depresi, dan menghilangkan stress.

Manfaat lain dari kopi yaitu untuk menjaga kesehatan hati, meningkatkan metabolisme tubuh, dapat meningkatan memori, membantu melindungi otak,serta  memperkuat daya ingat.


Namun begitu jangan terlalu banyak minum kopi ya, cukup 2-3 kali sehari. Karena dalam kopi yang kita minum juga mengandung zat Niacin, yaitu senyawa yang kurang baik bagi tubuh. Pasalnya, berdasarkan sebuah studi, zat Niacin diketahui dapat menyerap sejumlah vitamin dalam tubuh. Sehingga jika telalu banyak minum kopi, tubuh kita juga akan kekurangan kebutuhan vitamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar