Jumat, 11 Maret 2016

Cara Jitu Bangkitkan Rasa Percaya Diri

CARA JITU BANGKITKAN RASA PERCAYA DIRI


Pernahkah anda merasa malu untuk tampil di hadapan publik? Atau pernahkah anda merasa ragu terhadap hasil yang anda kerjakan? Jika iya, artinya anda mengalami rasa kurang percaya diri.

Dalam aktivitas kehidupan sehari-hari, rasa percaya diri merupakan hal terpenting yang harus dimiliki seseorang untuk meraih hasil maksimal. Pasalnya, dengan sikap penuh percaya diri, maka akan timbul sikap optimis yang kuat.

Ada beberapa faktor yang dapat membangkitkan rasa percaya diri tersebut, antara lain:
1.    Jadilah Diri Sendiri
Dalam beberapa aspek, seringkali dari kita beranggapan bahwa kepercayaan diri dapat tumbuh jika kita berpenampilan keren di depan umum, atau jika kita memiliki penghasilan tinggi dan mobil mewah. Itu semua adalah persepsi yang salah. Rasa percaya diri justru terletak dalam pikiran kita, yaitu bagaimana cara kita untuk meraih keyakinan dalam diri dengan tidak meniru orang lain.

2.    Perluas Wawasan Anda
Dengan bertambahnya pengetahuan anda, maka secara langsung telah membuktikan bahwa anda lebih hebat dari yang lain. Segala hal yang anda ketahui dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi orang lain. Hal itu otomatis dapat membuat anda lebih percaya diri dalam melakukan aktivitas bahkan berhadapan dengan publik, karena wawasan yang luas akan menghadirkan sikap optimis dalam diri.

3.    Pahami Kekurangan Anda
Lakukan hal-hal dimana anda sering merasa pesimis atau kurang percaya diri. Latih diri anda untuk dapat mengalahkan situasi buruk yang anda hadapi, lakukan secara bertahap. Misalnya jika anda malu berhadapan dengan wanita, maka sering-seringlah berlatih menatap mata anda di cermin, dengan begitu anda akan berani menatap mata orang lain ketika berbicara.
Timbulkan sikap optimis dalam diri anda, katakan dalam hati bahwa anda bisa!! “Aku Bisa Melakukannya”, “Aku Bisa Meraihnya”.
Yakinkan diri anda bahwa semua orang memiliki derajat yang sama di hadapan Tuhan, sehingga anda tidak ragu dan takut untuk berhadapan dengan siapapun.

4.    Lebih Baik Pede Daripada Minder
Akan selalu ada orang-orang yang iri terhadap sikap optimis anda. Anda tak perlu ragu atau takut menghadapi pesaing anda, jangan takut dibilang kepedean, karena masih lebih baik percaya diri (pede) daripada minder.

5.    Jadilah Pribadi yang Sabar dan Ikhlas
Seperti ungkapan pepatah, “Kebahagiaan adalah milik orang-orang yang sabar dan ikhlas”, maka pahami bahwa kesempurnaan hanyalah milik Tuhan Yang Maha Esa. Dengan sikap seperti itu, anda akan memupuk kewibawaan dalam diri tanpa mengurangi optimisme yang telah anda raih, terlebih ketika anda melakukan suatu kesalahan. Karena sejatinya manusia adalah tempat salah dan lupa jika tidak dibarengi keimanan terhadap Sang Khalik.


Perlu anda sadari bahwa kepercayaan diri merupakan faktor utama yang akan menentukan arah hidup anda kedepannya, dengan sikap percaya diri maka kesuksesan bukanlah hal sulit untuk anda raih. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberi inspirasi bagi anda. Selamat mencoba….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar