Kamis, 10 Maret 2016

Tips Sukses Bisnis Wedding

 Menggapai Sukses Bisnis Wedding


Maraknya pelaku bisnis di Ibukota saat ini kian menampakkan antusias bisnis yang semakin menggeliat. Salah satu jenis kegiatan usaha yang terus berkembang hingga saat ini ialah dibidang jasa, terlebih jika dilihat dari kepadatan jumlah penduduk di Indonesia yang semakin meningkat. Bisnis jasa pelaksana pernikahan atau yang lebih dikenal dengan sebutan wedding organizer (W.O) merupakan pilihan jitu untuk dikembangkan.

Meskipun bisa dibilang bisnis musiman, namun sejatinya prospek usaha jasa pernikahan seperti ini tergolong cukup menjanjikan. Sebab jika diamati, bisnis W.O merupakan jenis usaha dengan tingkat resiko rendah. Artinya, untuk menjalankan usaha ini tidak memerlukan ruang kantor yang besar dalam mengelola pesanan klien, karena yang terpenting bagi pelaku bisnis W.O ialah  kreatifitas atau kemampuan dasar mengenai bisnis wedding, mudah berkomunikasi, dan memilki banyak relasi dengan vendor yang menyediakan kebutuhan pernikahan.

Karena itu jangan heran bila anda melihat wedding organizer yang berkedok sebagai butik, studio foto, catering, bahkan dekorasi dan tenda pengantin. Hal itu dilakukan untuk bisa terus menambah pemasukan di luar pesanan wedding yang sifatnya musiman tersebut. Namun berhubung W. O tergolong bisnis jasa, maka prioritas yang harus diutamakan ialah soal kualitas pelayanannya.


Dalam hal tata rias misalnya, Hj. Inne Rosdiana Dewi, pemilik Wedding Organizer dan butik muslimah Syakeera mengatakan, tata rias merupakan unsur penting dalam sebuah perhelatan akbar momen pernikahan, sehingga kita dituntut untuk selalu kreatif agar bisa memenuhi keinginan klien yang beragam. “Jika anda memiliki hobi jahit seperti saya, maka itu menjadi modal besar dalam meraih kesuksesan pada bisnis wedding ini,” ucapnya.


Kemudian yang tak kalah penting dari tata rias ialah sesi dokumentasi, di mana setiap pengantin tentunya ingin mengabadikan momen-momen bahagia pada acara pernikahannya. Seperti diungkapkan pengelola Sukmajaya Photo Digital, Burhanudin Ayub bahwa fotografi menjadi potensi besar untuk meraih keuntungan melalui bisnis wedding.

Meski di era digital sekarang ini semua orang sudah bisa memotret, namun untuk soal kualitas hanya ahlinya yang paham. Untuk itu, lanjut Ayub, bisnis foto wedding tidak akan mati selama kita mampu menguasai angel dan pencahayaan yang sempurna. “Hal ini tentunya akan berimbas pada kepuasan klien terhadap hasil foto yang kita buat,” jelasnya.


Bidang lain yang juga penting dalam mendukung kesuksesan sebuah pergelaran acara pesta pernikahan ialah catering dan dekorasi tenda. Pemilik catering dan W.O Ibu Tata menilai bisnis catering weeding cukup menguntungkan, sebab dalam acara pesta pernikahan catering menjadi andalan pengantin dalam menjamu tamu undangan yang hadir. Untuk itu perlu menjaga kualitas makanan agar sajian yang dihidangkan dapat member kepuasan kepada para tamu.


Sementara untuk dekorasi dan tenda wedding Muhammad Subhan mengaku tak pernah kehilangan order untuk pemesanan tenda. Pengelola usaha Tenda Biru itu menyebutkan, menjalani bisnis ini memang membutuhkan modal yang cukup besar, terutama untuk harga perangkat tenda yang semakin mahal.

“Namun jika kita memiliki tekad kuat untuk memperluas jaringan serta pasar, hal ini tentunya akan membuat kita cepat balik modal dan meraup keuntungan,” ujarnya.

Dari semua paparan mengenai atribut pelayanan bisnis wedding tersebut, dapat kita simpulkan bahwa unsur terpenting bagi pelaku usaha dibidang jasa ialah mengenai kualitas pelayanan. Di samping itu tentunya perlu perluasan jaringan usaha agar bisnis yang dijalankan semakin berkembang dan maju.


Semoga artikel singkat mengenai jasa bisnis wedding yang diangkat dari berbaga narasumber berkredibel ini dapat memberi manfaat sekaligus menjadi referensi yang baik bagi para peminat bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar