Rabu, 09 Maret 2016

Tips Untuk Meraih Kesuksesan

Langkah Jitu Meraih Sukses

Pada artikel sebelumnya, Robert T. Kiyosaki menjelaskan bagaimana kesuksesan seseorang dapat diraih melalui karakter mental yang terbentuk dalam diri seseorang. Dalam bukunya yang berjudul The Cashflow Quadrant, Kiyosaki membagi karakteristik mental seseorang menjadi 4 (empat) kuadran, yaitu Kuadran E (Employee), Kuadran S (Self Employed), Kuadran B (Bussiness Owner), dan Kuadran I (Investor). Masing-masing kuadran tersebut tentu memiliki tantangan dan rintangan yang berbeda untuk meningkatkan mental seseorang mencapai tingkat kebebasan financial dalam Kuadran I.

Dalam Kuadran E, seseorang dikategorikan memiliki mental datar karena enggan berhadapan dengan risiko bisnis. Biasanya orang yang bermental Employee, cenderung lebih memilih bekerja di suatu perusahaan dengan mempertaruhkan waktu dan tenaga agar dapat meraih titik aman pada penghasilannya. Namun seiring berjalan waktu, orang yang berprofesi sebagai karyawan tentu akan mengalami masa pensiun, lantas bagaimana ia harus menjalankan kehidupannya untuk mempertahankan dan meningkatkan laju pendapatan tersebut?

Sejalan dengan pemikiran Kiyosaki, seseorang dituntut untuk memiliki karakteristik mental yang kuat dalam upaya menggapai suatu kesuksesan usaha dan berada dalam Kuadran B atau Kuadran I. Hal ini tentu membutuhkan rasa percaya diri yang tinggi untuk menghadirkan kesiapan matang baik mental maupun wawasan, sehingga keyakinan akan kesuksesan dapat tumbuh.

Sebagai contoh, seorang karyawan atau buruh harus bisa berpikir realistis tentang masa depannya. Ia harus menyadari bahwa suatu saat dirinya akan mengalami masa tidak produktif, dimana waktu dan tenaga tidak lagi sanggup menopang kebutuhan hidup yang semakin meningkat.

Untuk itu, selagi masih produktif, karyawan atau buruh tersebut sebaiknya mulai berpikir terbuka untuk mengembangkan suatu usaha yang nantinya dapat ia andalkan sebagai mata pencaharian. Dengan begitu ia harus mulai mempersiapkan diri memasuki Kuadran B atau Kuadran I, tentunya hal ini juga berpengaruh pada kesiapan modal usahanya.

Jika anda tergolong sebagai pemilik modal yang minim, mulailah untuk membuka usaha kecil-kecilan di waktu senggang anda. Menjadi reseller produk online juga merupakan referensi yang bagus untuk menambah penghasilan. Namun begitu, tak lupa juga untuk mengikuti organisasi atau komunitas bisnis yang ada disekitar anda, karena dari situlah anda bisa meraih informasi serta jaringan yang efektif dalam upaya pengembangan bisnis anda. Dengan begitu anda akan langsung berada dalam Kuadran B dan mulai berpikir untuk mengembangkan sistem bisnis yang membangun.

Namun jika anda termasuk dalam pemilik modal besar, maka anda bisa langsung memasuki Kuadran I dan lebih berkonsentrasi di bidang investasi. Sehingga waktu dan tenaga anda menjadi lebih hemat, sementara uang yang bekerja untuk anda.

Kenalilah segala risiko bisnis anda dan rangkul lingkungan anda, dengan begitu anda akan semakin mantap menuju kesuksesan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar